Sebelum jauh membaca, saya infokan kepada pembaca kalau tulisan di blog ini saya buat berdasarkan pengalaman dan hasil bacaan buku. Jika ada hal yang dirasa kurang pas dan menyimpang, mungkin bisa di infokan lewat kolom komentar di setiap akhir postingan agar nantinya bisa di perbaiki oleh penulis, SuksmaCSinema

Fotografi Menggunakan iPhone

Fotografi Sederhana Menggunakan iPhoneFotografi Menggunakan iPhone – Jaman telah berubah dan teknologi pun sudah semakin berkembang. Jika dulu orang-orang hanya bisa menghasilkan foto profesional dengan menggunakan kamera dan lensa yang mahal-mahal. Sekarang anda bisa menggunakan iPhone (atau smartphone) untuk melakukannya.

Kesalahpahaman umum orang-orang tentang iPhone (dan bahkan beberapa smartphone canggih lainnya) adalah iPhone dianggap tidak dapat digunakan untuk fotografi yang serius. Sedangkan DSLR atau Mirrorless (secara teknis) lebih unggul dari segi kualitas foto yang dihasilkan.

Kita pun sebagai seorang fotografer pemula sering terjebak dengan membeli peralatan fotografi terbaru yang mahal dan berpikir bahwa itu akan membantu kita dalam menghasilkan foto yang lebih baik.

Fotografi (dan juga beberapa dunia kreatif lainnya) bukanlah tentang seberapa bagus dan mahal alat yang akan digunakan. Tetapi seberapa kreatif seseorang menggunakan alat tersebut untuk menghasilkan sesuatu. Tidak ada satupun kamera di dunia ini yang dapat mengambil foto-foto terbaik tanpa ide-ide kreatif dari fotografernya. Itu karena iPhone (sama seperti kamera lainnya) hanyalah sebuah alat.

Mari kita masuk ke dunia fotografi yang relatif lebih murah dengan kualitas yang hampir menyamai dengan DSLR. Dengan pengetahuan yang benar dan teknik yang tepat anda bisa menggunakan iPhone untuk menghasilkan foto dengan hasil yang begitu “besar” sehingga tak seorangpun akan percaya bahwa foto tersebut dihasilkan dengan iPhone.

Seperti berita tentang majalan terkenal Times yang menggunakan “iPhone secara eksklusif untuk mengambil foto buat sampul majalah edisi terbaru bulan September ini dengan mengusung judul Women Firsts “.

(Silahkan baca berita lengkapnya di tekno.kompas.com atau petapixel.com.)

Hal ini menunjukkan bahwa sekarang bukan waktunya lagi memikirkan peralatan-peralatan kamera mahal untuk menghasilkan sebuah karya foto. Tetapi lebih kepada pemikiran bagaimana cara menghasilkan foto-foto yang kreatif.

Dengan menggunakan iPhone, anda dapat menggunakan aplikasi foto bawaan dari iPhone atau memilih aplikasi tambahan pada App Store untuk meningkatkan kreatifitas dan kualitas foto yang ingin dihasilkan.

Intinya adalah anda bisa menyalurkan ide-ide kreatif foto anda lewat iPhone.

Sekali lagi, ini menunjukkan bahwa bukan seberapa mahal peralatan yang anda gunakan untuk menghasilkan sebuah foto, tetapi bagaimana anda bisa memanfaatkan peralatan-peralatan tersebut untuk menghasilkan foto yang bagus.

Salam iPhonema

I Wayan Widharma

Filmmaker, Photographer dan Part-time Blogger di Bali. Menjadi fotografer tetap di Jengah Media Production dan Blogger di CSinema.com. Beberapa portofolio saya dapat dilihat di blog atau media sosial saya ini: Profil saya | Facebook | Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *