Kamus Header CSinema

Kamus Fotografi dan Film

Kumpulan daftar istilah dalam dunia film, sinematografi dan juga fotografi.

Jika teman-teman mengetahui beberapa istilah dalam produksi film, tehnik sinematografi, tehnik fotografi dan istilah tersebut belum ada di kamus saya ini. Teman-teman bisa menuliskan istilah tersebut di kolom komentar pada akhir kamus ini untuk saling berbagi. Terima kasih

All | A B C D E F G H I J
There are 21 names in this directory beginning with the letter C.
Call Sheet
Call Sheet adalah lembaran catatan administrasi produksi berguna sebagai undangan atau pengingat jadwal produksi yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya, yang diberikan kepada setiap kru pelaksana produksi dari sutradara hingga kru pendukung produksi yang bekerja paling bawah.

Camera Angle
Camera Angle adalah teknis pengambilan gambar dari sudut pandang tertentu untuk mengekspose adegan.

Camera Report
Camera Report adalah laporan pengiriman gambar dari departemen kamera yang nantinya berguna dalam proses editing, dimana terdapat catatan pengambilan gambar lengkap dengan status hasil gambar, not good atau ok atau mungkin sebagai choose.

Camera Roll
Camera Roll adalah jadwal operator kamera melakukan pengambilan gambar.

Cast
Cast adalah pemeran dalam film.

Casting
Casting adalah step produksi yang dilakukan pada tahap pra produksi untuk memilih dan mendapatkan pemeran karakter yang sesuai dengan tuntutan skenario dan sutradara.

Center Weight
Pengukuran pencahayaan yang tertuju hanya pada 60 persen daerah tengah gambar (bidang) foto.

Clapper Board
Clapper Board adalah informasi mengenai scene, shot, dan take untuk mempermudah memilih shot hasil terbaik pada proses editing.

Close Up
Close Up (CU) adalah framing pengambilan gambar dimana kamera berada dekat atau terlihat dekat dengan subjek sehingga gambar yang dihasilkan atau gambar subjek memenuhi ruang frame.

Coating
Lapisan tipis pada permukaan lensa. Fungsinya menahan pantulan cahaya dan melindungi lensa dari berbagai bahaya, misalnya jamur.

Code In
Code In adalah tanda angka dalam detik sebagai informasi awal waktu dimulainya pengambilan gambar yang tertera pada LCD kamera atau monitor.

Code Out
Code Out adalah tanda angka dalam detik sebagai informasi akhir waktu pengambilan gambar yang tertera pada LCD kamera atau monitor.

Cold Tone
Warna yang terkesan dingin; berwarna biru kelabu dengan kesan warna ringan.

Color Balance
Keseimbangan warna dalam foto, footage maupun video.

Composition
Penempatan atau penyusunan bagian-bagian sebuah gambar untuk membentuk kesatuan dalam sebuah bidang tertentu sehingga enak dipandang.

Contact Person Location
Contact Person Location adalah nomor telpon yang bisa dihubungi oleh setiap pelaksana produksi (biasanya nomor telpon manager produksi atau line produser lainnya.

Continuous Light
Lampu kilat yang digunakan untuk memotret; cahayanya dapat menyala terus menerus(berulang-ulang).

Contrast
Secara umum kontras diartikan sebagai perbedaan gradasi, kecerahan, atau nada (warna) antara bidang gelap (shadow) dengan bidang terang, atau warna putih yang mencolok sekali pada objek.

Costume
Costume adalah baju atau atribut yang biasanya dipakai oleh cast.

Crane
Crane adalah Gerakan meninggi atau merendah dari dasar pijakan objek. Bisa juga merujuk pada alat yang digunakan untuk membantu pengambilan gambar.

Cropping
Pemadatan/pemotongan gambar dalam foto atau sesuatu yang tercetak dengan membuang bagian-bagian tertentu yang kurang dikehendaki.

Silahkan tulis istilah + arti yang belum ada di kamus pada kolom komentar untuk saling berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 13 =