Kamus Header CSinema

Kamus Fotografi dan Film

Kumpulan daftar istilah dalam dunia film, sinematografi dan juga fotografi.

Jika teman-teman mengetahui beberapa istilah dalam produksi film, tehnik sinematografi, tehnik fotografi dan istilah tersebut belum ada di kamus saya ini. Teman-teman bisa menuliskan istilah tersebut di kolom komentar pada akhir kamus ini untuk saling berbagi. Terima kasih

All | A B C D E F G H I J
There are 18 names in this directory beginning with the letter E.
Editor
- Sebutan bagi seseorang yang berprofesi sebagai ahli pemotongan gambar video dan audio. - Orang yang mengedit video hasil rekaman, pengaturan tata suara seperti musik, SFx (Sound Effect) dan BGM (Background Music) agar dapat enak dilihat. Tugas Penyunting Gambar (editor) : - Menerima film atau gambar-gambar dan rekaman kejadian shooting dari bagian produksi di lokasi shooting; - Mencermati gambar-gambar bersama produser dan sutradara - Mendigitalisasi gambar ke dalam hard-disk - Menentukan shot-shot yang dipotong dan disimpan - Mengurutkan shot ke dalam draft edit - Mixing musik, soun effect, narasi ke dalam cutting akhir - Mengedit film sesuai dengan durasi waktu yang ditetapkan - Menjamin bahwa gambar-gambar yang dipilih dapat lulus sensor.

Editorial Departement
Divisi dimana semua potongan film yang telah dihasilkan digabungkan sehingga membentuk urutan yang koheren, kadang dengan bantuan asisten sutradara atau produser.

EFP
Sama dengan ENG, hanya jenis program yang diproduksi adalah dokumenter, sinetron (film style).

Electric Departement
Bertanggung jawab terhadap penjagaan dan penyediaan segala alat elektrik. (misalnya: lampu, kabel, dan lain sebagainya) untuk kebutuhan film.

Electrician
Orang yang bertanggung jawab terhadap penempatan dan penyesuaian cahaya serta menyediakan listrik sesuai kebutuhan tiap alat.

ENG
Proses rekaman video jenis berita dengan menggunakan peralatan yang mudah dibawa (portable) misalnya kamera VCR portable dan 1 mikrofon, dengan crew seorang juru kamera disertai seorang sutradara yang sekaligus merangkap sebagai reporter.

Engineering
Sebutan dalam pengerjaan dan pembagian kerja dalam masalah teknis penyiaran.

Est. Production Time
Estimasi / perkiraan waktu total produksi untuk pengambilan gambar.

Est. Set Up
Estimasi / perkiraan jumlah sudut pengambilan gambar yang dibutuhkan pada sebuah adegan.

Establish Shot
Gambar yang natural dan wajar.

Exclusive Contract
Kontrak yang menyatakan bahwa seseorang dapat bekerja hanya untuk orang atau perusahaan tertentu yang mengontraknya.

Exhibitor
– Orang atau perusahaan yang memiliki bioskop atau drive-in atau rantai lain yang memungkinkan ditontonnya sebuah film. – Teater atau drive-in yang mempertunjukkan sebuah film.

Exposed
Bahan baku film yang telah dipakai untuk merekam gambar. Kata “exposed” wajib dicantumkan pada setiap can film yang telah dipakai.

EXT
- Eksterior. Bagian manapun dari film yang direkam di luar ruangan; jalanan kota, stadium, gurun, hutan, atau puncak gunung, beberapa lokasi dapat dibuat ulang di sounstage studio namun tetap dinamakan eksterior dalam naskah. - Keterangan tempat sebagai seting cerita dalam skenario untuk pengelompokan ruang eksterior.

Extra
- Orang yang dipekerjakan sebagai pemain latar, misalnya sebagai salah satu orang dalam kerumunan dalam adegan di jalan. - Crowd atau orang – orang yang berfungsi sebagai pendukung suasana

Extreme Close Up
Pengambilan gambar dari jarak sangat dekat.

Extreme Long Shot
Type of Shot / komposisi gambar dimana subjek ditempatkan sangat jauh sehingga membuatnya tampak kecil dari kejauhan.

Eye Level
Sudut pengambilan gambar dengan ketinggian relatif sedang, kurang lebih sejajar dengan tinggi badan kita.

Silahkan tulis istilah + arti yang belum ada di kamus pada kolom komentar untuk saling berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − eleven =