Kamus Header CSinema

Kamus Fotografi dan Film

Kumpulan daftar istilah dalam dunia film, sinematografi dan juga fotografi.

Jika teman-teman mengetahui beberapa istilah dalam produksi film, tehnik sinematografi, tehnik fotografi dan istilah tersebut belum ada di kamus saya ini. Teman-teman bisa menuliskan istilah tersebut di kolom komentar pada akhir kamus ini untuk saling berbagi. Terima kasih

All | A B C D E F G H I J
There are 36 names in this directory beginning with the letter F.
Fading
Digunakan untuk menyebut tampilan gambar yang muncul atau untuk menekankan berlalunya waktu atau akhir dari adegan atau cerita. Fade in = Gambar yang muncul dari kegelapan, Fade Out = Efek berupa gambar yang perlahan hilang dan menjadi gelap

False Move
Gerakan yang tidak terencana oleh aktor/aktris sebelum melakukan gerakan yang telah direncanakan. False Move yang dilakukan aktor dapat memunculkan masalah dengan mengatur Dolly Grip untuk bergerak bersama dolly dan kamera karena ia berpikir bahwa gerakan aktor adalah isyarat untuk menggerakan kamera.

Fast Motion
Melakukan pemfilman dengan kecepatan dibawah standar kemudian memproyeksikan dengan kecepatan standar untuk membuat tindakan terlihat lebih cepat dari normal. Juga menciptakan efek masa lalu dan film bisu.

Fault Frame
Kesalahan dalam frame tapi bukan berarti suatu harga mati karena bisa saja kameraman suatu saat yang meliput event secara tiba tiba (tidak terencana) sehingga tidak dapat memikirkan point of interest, yang penting dia pikirkan adalah bagaimana mendapatkan gambar apapun hasilnya, tetap saja dapat diterima semua pihak. Kesalahan dalam frame yang dimaksudkan adalah pembuatan gambar yang terencana namun kameraman tidak mengindahkan atau melalaikan norma norma framing alhasil gambar yang dibuat kelihatan tidak bagus, mungkin terpotong,mungkin terlihat seperti tenggelam dan lain sebagainya.

Feature Part
Peran yang tidak terlalu penting untuk seorang bintang, tapi cukup besar untuk memunculkan perhatian khusus. Biasanya dilakukan oleh aktor/aktris yang telah dikenal baik oleh penonton. Saat ini lebih dikenal dengan Cameo.

Fifty-fifty
Biasanya sudut kamera atau pengambilan gambar ketika dua orang aktor/aktris saling berhadapan, berbagi lensa dengan adil. Juga disebut sebagai a two shot atau a two.

Fill Light
Cahaya tambahan yang berguna untuk mengisi bagian yang gelap

Film
Media untuk merekam gambar yang menggunakan selluloid sebagai bahan dasarnya. Memiliki berbagai macam ukuran lebar pita seperti 16mm dan 35mm.

Film Clip
Bagian pendek dari sebuah film.

Film Loader
Pengisi Film. Anggota tim kamera atau asisten kameramen yang mengisi film yang belum diekspose ke dalam magazine dan mengeluarkan film yang telah diekspose. Istilah ini digunakan pada produksi yang masih menggunakan film.

Filter
Suatu alat dalam kamera yang tugasnya menyesuaikan kondisi cahaya luar atau dalam, agar antara perbedaan cahaya kuat dengan cahaya yang lemah bisa diseimbangkan (balance). Kamera mempunyai 4 macam filter, yaitu 1, 2, 3, 4. Filter 1 untuk cahaya yang mengunakan Artificial Light (tungsteen) biasanya dalam ruangan (in door) dan 2, 3, 4 untuk intensitas cahaya luar ruangan/sinar matahari (out door).

Final Editing
Proses pemotongan gambar secara menyeluruh yang sudah selesai.

First Run
Pertama kali sebuah film dilepas ke bioskop untuk ditonton. Saat ini lebih dikenal dengan premiere.

First Take
Waktu pengambilan gambar pertama kali disesuaikan dengan jadwal.

Fishpole Boom
Sebuah tiang ringan yang dapat digenggam dan dapat dipindahkan untuk digunakan meletakkan mikrofon di lokasi yang sulit selama pemfilman.

Flag
Miniatur Gobo dari kayu lapis atau kain pada bingkai metal yang diletakkan pada century stand.

Flare
Ketika suatu obyek atau cahaya dari set memantulkan cahaya yang tidak diinginkan scara langsung pada lensa.

Flashback
Bagian dari cerita film yang mengisahkan waktu periode awal, tergantung dari cerita.

Floor Director
Seseorang yang bertanggung jawab membantu mengkomunikasikan keinginan sutradara dari master control room ke studio produksi.

Floor Plan
Panduan atau patokan bloking perangkat kamera, tata cahaya, setting, artis, dan para pendukung produksi lain di lapangan. Floor Plan seperti peta lapangan produksi dari tampak atas.

Flub
Ketika aktor/aktris melakukan kesalahan dalam pengucapan dialog – flubbed his line

Fluid Head
Landasan pada tripod kamera yang memberikan gerakan halus untuk kamera melalui penggunaan flywheel yang diletakkan dalam wadah berisi minyak dalam landasan itu sendiri.

Focus
Penyelarasan gambar secara detail, tajam, dan jernih hingga mendekati obyek aslinya

Fog Maker
Adalah alat yang dapat memunculkan efek kabut, asap, efek kabur (blur), dan kelembaban. Alat ini dapat berukuran kecil dan dapat digenggam atau mesin besar yang diletakkan di kereta untuk memindahkannya.

Follow Focus
Perubahan fokus kamera selama adegan untuk mempertahankan fokus pada aktor/aktris yang bergerak mendekati atau menjahui kamera. Biasanya menjadi tugas first assistant cameraman.

Follow Shots
Pengambilan gambar dengan kamera bergerak memutar untuk mengikuti pergerakan actor/pemeran dalam adegan.

Following
Hampir sama dengan tracking, tapi pergerakan kamera following lebih moveable, kamera bergerak lebih aktif mengikuti kemana perginya talent.

Footage
Sekumpulan hasil pengambilan gambar yang mungkin bisa dilakukan sebagai stock shot pada proses editing. Footage bukan gambar adegan utama, tetapi bisa di letakan sebagai gambar pendukun.

Footage Counter
Alat penghitung yang berada pada kamera untuk tetap dapat mengikuti jumlah film yang telah diekspose.

Four Walled Set
Sebuah set yang memiliki 4 dinding bukan 3 seperti biasanya. Keempat dinding menutup area aksi secara sempurna namun mungkin dapat dipindahkan untuk memungkinkan pergerakan cahaya dan kamera selama melakukan pengambilan gambar.

Frame
Keterbatasan cara memandang yang sifatnya fatamorgana. Dalam kaitan ini pengganti dari fungsi mata manusia adalah Kamera. Benda ini mempunyai daya tangkap cahaya yang terbatas karena tergantung ukuran lensanya kamera itu sendiri. Besaran daya tangkap lensa kamera itulah yang disebut dengan FRAME dengan kata lain disebut Bingkai. Frame dibatasi dengan ukuran tertentu misalnya saja ukuran pesawat televisi adalah 3:4. Berapa pun besarnya pesawat televisi tetap saja 3 banding 4 (3:4). Karena bentuknya hampir mendekati bentuk dengan persegi empat. Oleh karena itu dalam pembuatan gambar atau penuangan dalam frame harus diletakkan persis ditengah frame secara simetris. Ditengah frame tempat sasaran gambar diletakkan/dituangkan disebut dengan Point of Interest (POI). Tetapi dalam stasiun televisi tetangga sebut saja Malaysia, Singapore, Philipina mereka mengatakannya dengan istilah Point Of View (POV). Suatu gambar dari banyak gambar pada gulungan film yang telah diekspose,  ukuran frame bervariasi sesuai format yang akan diambil gambarnya. Frame menyesuaikan kamera dan lensa sehingga gambar yang akan diambil memiliki batasan yang diinginkan.

Frame per Second (fps)
Sebuah film 35mm berputar dalam kamera dengan kecepatan normal menghasilkan 24 frame perdetiknya sehingga bila banyak frame yang diputar tiap detiknya aksi dari subyek akan diperlambat ketika diproyeksikan dalam kecepatan normal. Bila lebih sedikit dari 24 frame yang diputar maka aksi tampak dipercepat bila diproyeksikan dengan kecepatan normal.Pada jaman digital sekarang ini, jumlah fps bervariasi mulai dari 24, 25, 30, 50, 60, 120, 240, dst.

Framing
Memberi margin atau batasan area setting yang masuk dan tertangkap oleh lensa kamera saat perekaman gambar.

Freelancer
Orang yang tidak terikat kontrak dengan produser atau perusahaan manapun

Frog Eye Level
Pengambilan gambar dimana kamera kurang lebih terletak di bawah paha kameraman.

Full Shot
Pengambilan gambar dilakukan pada subjek secara utuh dari kepala hingga kak.

Silahkan tulis istilah + arti yang belum ada di kamus pada kolom komentar untuk saling berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 8 =