Sebelum jauh membaca, saya infokan kepada pembaca kalau tulisan di blog ini saya buat berdasarkan pengalaman dan hasil bacaan buku. Jika ada hal yang dirasa kurang pas dan menyimpang, mungkin bisa di infokan lewat kolom komentar di setiap akhir postingan agar nantinya bisa di perbaiki oleh penulis, SuksmaCSinema

Sejarah Singkat Lahirnya Film

Lumiere Brothers
Louis Lumiere dan Auguste Lumiere

Sejarah Singkat Lahirnya Film – Film atau bisa juga disebut dengan movie sebenarnya adalah sekumpulan gambar diam yang diurutkan dan digerakkan dengan cepat sehingga seolah-olah gambar tersebut bergerak.

Dulu, saat sebelum teknologi pembuatan film secanggih sekarang ini, banyak orang yang memanfaatkan kamera foto yang lebih dulu ditemukan daripada kamera film untuk membuat sebuah film dengan durasi yang sangat singkat.

Saya disini akan mencoba membahas bagaimana awalnya sebuah film itu bisa terbentuk dengan cara yang tidak sengaja.

Merekam Gerakan Kuda

Tahun 1872, Eadweard Muybridge yang merupakan seorang fotografer inggris keturunan belanda dan sudah menghabiskan sebagian besar hidupnya di amerika serikat mendapat pendanaan oleh Leland Standford untuk meneliti gerakan kuda terutama dari sisi gaya lengkap dengan gerakan kaki saat kuda berlari. Standfor sendiri adalah seorang pemilik peternakan kuda pacu di amerika serikat.

Muybridge menggunakan 12 buah kamera foto yang dijejerkan sepanjang sisi lintasan untuk merekam gerak dan gaya kuda berlari. Namun sayang, percobaan pertama dari Muybridge ini gagal karena seluruh foto yang dihasilkan buram.

Tahun 1877, 5 tahun setelah percobaan pertamanya, Muybridge kembali melakukan percobaan yang sama yaitu merekam gerakan kuda pacu namun kali ini dia melibatkan Jhon  D. Isaacs yang merupakan seorang insinyur. Berbeda dari percobaan pertama, percobaan kedua ini Muybridge dan Isaacs menggunakan 24 kamera foto. Dimana pada setiap pengokang kamera dihubungkan dengan alat elektronik baterei.

Percobaan ini pun akhirnya berhasil dan menjadi tonggak pertama dari lahirnya dunia Motion Picture (movie) dengan menggunakan kamera foto. Bukan kamera film.

Tahun 1882, Etienne Jules Merey yang merupakan seorang dokter psikologi asal Prancis memiliki sebuah obsesi untuk merekam gerakan burung terbang.

Merey akhirnya mengembangkan teknologi yang awalnya dibuat oleh Muybridge untuk merekam gerakan kuda. Hanya saja alat rekaman buatan Merey memungkinkan untuk merekam 12 gambar dalam setiap detiknya.  Alat ini disebut Photographic Gun dan deretan gambar yang dihasilkan jauh lebih berkesinambungan daripada hasil percobaan Muybridge yang kedua bersama dengan Isaacs.

Lumiere Brothers (Pencetus Bisnis Bioskop Keliling)

Muybridge dan Isaacs bisa dikatakan sebagai perekam atau pendokumentasi gerak hewan pertama. Sedangkan Meyer bisa dikatakan sebagai penyempurna alat pendokumentasian gerak hewan, tetapi tetap saja yang dikatakan sebagai pelopor film adalah Lumiere Brothers atau lumiere bersaudara.

Auguste Marie Louise Lumiere (19 Oktober 1862 – 10 April 1954) dan Louis Jean Lumiere (5 Oktober 1864 – 6 Juni 1948) atau yang biasa dipanggil Auguste Lumiere dan Louis Lumiere adalah dua bersaudara yang disebut-sebut sebagai pelopor film dokumenter.

Berkat proyektor ciptaan mereka berdua, Lumiere Brothers bisa memutar film-film ke berbagai tempat karena saat itu proyektor dan juga perlengkapan pemutaran film lainnya diproduksi sendiri, bukan barang pabrik seperti saat ini.

Louise Lumiere sendiri dinobatkan sebagai ‘nabi’ film non fiksi dan merupakan pelopor dari usaha biskop keliling yang memutar film-film non fiksi pendek.

Cinematographe, merupakan nama usaha pertunjukan hiburan film lumiere bersaudara pada tahun 1895 di Paris, Prancis dan 2 tahun setelahnya yaitu tahun 1897, usaha pertunjukan mereka berkembang dan akhirnya menyebar hampir ke seluruh dunia.

Cinematographe pun pernah di presentasikan di india oleh lumiere bersaudara dan ada dua orang yang tertarik dengan produk lumiere tersebut. Pertama adalah fotografer Harischandra Sakharam Bhatvadekar dan Abdullaly Esoofally.

Namun Harischandra merupakan orang pertama yang membeli Cinematographe di India pada tahun 1897 yang konon menjadi awal mula pertumbuhan film di India.

Kesimpulan

Eadweard Muybridge merupakan seorang fotografer sekaligus menjadi orang pertama yang mendokumentasikan gerakan binatang dengan menggunakan kamera foto bersama dengan Jhon  D. Isaacs. Hingga akhirnya penemuan mereka berdua dikembangkan lagi oleh dokter Etienne Jules Merey yang memiliki obsesi untuk merekam burung saat terbang. Alat tersebut akhirnya diberi nama Photographic Gun karena bentuknya yang mirip senapan.

Walaupun demikian, perkembangan industri film sendiri tidak lepas dari Limiere Brothers. Dua bersaudara ini menciptakan proyektor dan peralatan pemutar film yang mana menjadi awal dari perkembangan pertunjukan hiburan film di inggris dan bahkan dunia (Cinematographe).

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa melalui kolom komentar dibawah ini.

Salam Sinema

I Wayan Widharma

Filmmaker, Photographer dan Part-time Blogger di Bali. Menjadi fotografer tetap di Jengah Media Production dan Blogger di CSinema.com. Beberapa portofolio saya dapat dilihat di blog atau media sosial saya ini: Profil saya | Facebook | Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *