Sebelum jauh membaca, saya infokan kepada pembaca kalau tulisan di blog ini saya buat berdasarkan pengalaman dan hasil bacaan buku. Jika ada hal yang dirasa kurang pas dan menyimpang, mungkin bisa di infokan lewat kolom komentar di setiap akhir postingan agar nantinya bisa di perbaiki oleh penulis, SuksmaCSinema

Pengertian Shot, Scene dan Sequence

Pengertian Shot, Scene dan Sequence – Postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dari shot, scene dan sequence. Istilah ini akan sangat sering kita dengar saat proses pra produksi, produksi hingga pasca produksi. Panduan Membuat Video Kreatif

Pengertian Shot - Scene - Sequence Mari kita simak bersama pengertiannya:

  1. Shot

    Mendefinisikan suatu rangkaian gambar hasil rekaman kamera tanpa interupsi. Satu shot terbentuk saat tombol rec pada kamera ditekan (yang menandakan mulai merekam gambar) hingga tombol rec ditekan lagi (menandakan gambar itu selesai direkam) atau bisa juga disebut satu take.

    Sedangkan re-take adalah sebuah shot tambahan yang diambil dengan menggunakan set-up yang sama dengan shot awal atau sebelumnya. Ini dikarenakan adanya kesalahan dalam seting, teknik atau dramatisasi di shot sebelumnya tersebut. Tetapi jika set-up awal dirubah lalu dilakukan pengambilan gambar lagi itu adalah shot baru, bukan re-take.

  2. Scene

    Memiliki definisi yaitu tempat atau setting dimana kejadian itu berlangsung. Dalam satu scene, bisa terdiri dari satu shot atau bahkan gabungan beberapa shot yang disusun sedemikian rupa, sesuai dengan jalan cerita.

  3. Sequence

    Adalah serangkaian scene atau shot-shot, yang merupakan suatu kesatuan utuh. Satu sequence bisa berlangsung pada satu seting atau di beberapa seting. Sebuah sequence bisa dimulai sebagai adegan eksterior dan dilanjutkan dengan adegan di interior. Bisa juga diawali dan diakhiri dengan transisi “fade”,”dissolve” atau bisa juga dengan “cut”.

Diatas adalah pengertian shot, scene dan sequence yang saya kutip dari buku terjemahan1 berjudul “Lima Jurus Sinematografi” dari buku asli “The Five C’S of Cinematography”. Sekian postingan kali ini,semoga bisa membantu dalam proses produksi film.

Salam Sinema

CSinema

Blog pribadi tentang videografi, fotografi dan film. Mulai dari sharing ilmu, tutorial dan review-review singkat tentang peralatan pendukungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *