Sebelum jauh membaca, saya infokan kepada pembaca kalau tulisan di blog ini saya buat berdasarkan pengalaman dan hasil bacaan buku. Jika ada hal yang dirasa kurang pas dan menyimpang, mungkin bisa di infokan lewat kolom komentar di setiap akhir postingan agar nantinya bisa di perbaiki oleh penulis, SuksmaCSinema

A Beginner’s Guide to Creative Videography

Creative VideographyApakah anda pernah memikirkan untuk membuat sebuah karya video yang kreatif dan informatif ?

Mulai dari sekarang kita akan masuk ke dalam dunia videografi, sebuah dunia yang sangat menarik dan menyenangkan, menantang kreatifitas dan membantu kita dalam berkomunikasi dengan siapa saja.

Dengan teknik videografi yang kreatif dan komunikatif, kita bisa mengabadikan berbagai peristiwa di sekitar kita. Menciptakan beragam karya dan media-media yang mendidik, menghibur, informatif dan bahkan bisa mempengaruhi orang-orang yang menontonnya.

Dikutip dari tulisan Agus Yuniarso pada halaman videografi.wordpress.com kita akan mempelajari panduan sederhana mengenal dan memahami prinsip dasar videografi yang dapat dipraktekkan dengan mudah.

Panduan ini bersifat umum, jadi akan bisa digunakan di berbagai jenis peralatan kamera, mulai dari kamera di smartphone, DSLR, handycam, bahkan kamera video profesional sekalipun.

Agus Yuniarso, menekankan bahwa menggunakan peralatan video yang lebih baik (lebih profesional, canggih ataupun mahal) tidak akan menjamin hasil rekaman video yang lebih baik.

Semua tergantung pada “man behind the gun camera“. Siapa yang berada di belakang senjata kamera? Apakah dia bisa menangkap momen-momen yang sangat menarik dan sangat penting? Ataukah hasil rekamannya enak untuk dinikmati?

Dengan menggunakan peralatan yang sederhana, jika digunakan dengan cara yang benar dan pada situasi yang tepat maka akan bisa menghasilkan karya videografi yang menarik dan informatif, sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya.

Walaupun akan ada beberapa kekurangan di dalam kamera video sederhana, tetapi dengan kita bisa mengembangkan kreatifitas dan menyiasati kekurangan tersebut, kita tetap akan bisa menghasilkan karya yang sangat bagus.

Demikian sedikit pengenalan dari panduan yang akan hadir setiap minggunya di wayanwidharma.com. Selamat belajar di dunia videografi ini, semoga postingan-postingan saya bisa membantu anda semau.

Dikutip dan dirubah seperlunya dari postingan dengan judul sama A Beginner’s Guide to Creative Videography karya Agus Yuniarso

I Wayan Widharma

Filmmaker, Photographer dan Part-time Blogger di Bali. Bekerja di Framing Studio Bali dan menjadi blogger di CSinema.com. Beberapa portofolio saya dapat dilihat di blog atau media sosial saya ini: Profil saya | Facebook | Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *