Sebelum jauh membaca, saya infokan kepada pembaca kalau tulisan di blog ini saya buat berdasarkan pengalaman dan hasil bacaan buku. Jika ada hal yang dirasa kurang pas dan menyimpang, mungkin bisa di infokan lewat kolom komentar di setiap akhir postingan agar nantinya bisa di perbaiki oleh penulis, SuksmaCSinema

Tips Minim Biaya Untuk Shooting Malam Hari

Shooting Malam Hari

Tips Shooting Malam Hari – Pencahayaan lampu pada malam hari saat melakukan shooting outdoor adalah sebuah tantangan terbesar bagi pembuat film (filmmaker) dari segi angggaran.

Saat melakukan proses pengambilan gambar pada malam hari, mungkin yang anda pikirkan adalah sebanyak apa lampu yang akan dibutuhkan. Belum lagi generator (sumber listrik) sebesar apa yang harusnya digunakan.

Hal ini terjadi lebih parah jika melakukan shooting di daerah yang sangat luas.

Lensa dengan bukaan lebar dan kamera dengan sensitifitas cahaya tinggi memang akan sedikit membantu. Baca juga Trik Memotret di Situasi Rendah Cahaya, tetapi pencahayaan dari lampu masih menjadi kunci utama gambar yang cerah dan tidak bisa digantikan begitu saja dengan lensa dan kamera.

Dikutip dari premium beat, salah satu cara untuk bisa mengefektifkan pencahayaan yang ada saat melakukan shooting di malam hari adalah air.

Ya, air bisa membantu anda menghemat anggaran biaya.

Kursi Malam Hari
http://www.shutterstock.com/

Selama bertahun-tahun, pembuat film memanfaatkan air yang terdapat di trotoar, aspal dan setiap tempat yang akan memasuki frame film untuk bisa menciptakan permukaan reflektif di dalam frame kamera.

Dengan menyiramkan permukaan trotoar dan aspal jalanan dengan merata, maka akan bisa menciptakan efek yang dramatis.

Mungkin akan terbersit pertanyaan “bukannya dengan melakukan itu akan terlihat telah turun hujan di dalam frame?”

Mungkin ia, mungkin juga tidak.

Jika anda melakukannya dengan benar, maka hal itu tidak akan menjadi masalah.

Jika anda coba teliti, mungkin beberapa film kelas hollywood juga melakukan hal yang demikian, bukan karena anggaran biaya mereka kurang, tetapi lebih kepada efek yang bisa mereka dapatkan dengan refleksi hasil semprotan air pada permukaan jalan tersebut.

Shooting Malam Hari
http://pinewoodgroup.com

Cobalah menggunakan tips ini dan bandingkan dengan ambilan gambar saat anda tidak menggunakan semprotan air. Maka anda akan menemukan perbedaannya. Berfikirlah sederhana dan kreatif untuk bisa menghemat pengeluaran anda. Air bisa membantu anda untuk menghasilkan ambilan gambar dramatis pada malam hari.

Selamat Mencoba, Salam Sinema

I Wayan Widharma

Filmmaker, Photographer dan Part-time Blogger di Bali. Menjadi fotografer tetap di Jengah Media Production dan Blogger di CSinema.com. Beberapa portofolio saya dapat dilihat di blog atau media sosial saya ini: Profil saya | Facebook | Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *